Site icon LapakMedan

25 Tempat Wisata di Batu Bara Paling Hits yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Batu Bara – Kabupaten Batu Bara merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Sumatera Utara yang termasuk baru karena merupakan pemekaran dari Kabupaten asahan, maka tidak heran jika kawasan ini lebih cenderung disebut  sebagai Kabupaten Asahan.

Tidak kalah dari tempat – tempat lain yang ada di Sumatera Utara, ada sederet tempat wisata di Batu Bara yang didominasi dengan kawasan pesisir pantai.

Deretan tempat wisata di Batu Bara menyuguhkan pemandangan khas pesisir pantai nan eksotis dengan berbagai hasil lautnya yang dijadikan masyarakat sekitar sebagai gantungan hidup.

Dari sektor pariwisata juga turut mendongkrak perekonomian warga sekitar. Banyaknya turis atau wisatawan yang datang membuka lahan bisnis bagi mereka yang turut berjualan makanan atau minuman khas batu Bara. Selain itu mereka juga menyediakan berbagai souvenir cantik khas Batu Bara yang cocok untuk dibawa pulang.

Tempat Wisata Di Batu Bara yang Wajib Dikunjungi

Ada sederet tempat wisata di batu Bara yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat – tempat tersebut akan memberikan perjalanan wisata yang berbeda. Berikut daftar tempat wisata di Batu Bara, diantaranya:

1. Danau Laut Tador

Danau Laut Tador

Tempat wisata di Batu Bara yang pertama adalah wisata Danau laut Tador yang berlokasi di Desa Laut Tador, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Danau ini bukan sekedar tempat wisata biasa, namun memiliki banyak nilai sejarah dan legenda di dalamnya. Cerita rakyat tersebut berhubungan dengan asal mula terjadinya danau ini.

Alkisah dahulu seorang putrid bernama Tador sedang ditinggal pergi oleh kedua orang tuanya atau sang ratu dan Raja.

Kemudian sang Putri menangis  sejadi – jadinya hingga air matanya menenggelamkan seluruh kawasan dan terbentuklah sebuah danau yang diberi nama Danau Lau Tador.

Lokasi : Desa laut Tador, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

2. Danau Citra Panupalas

Danau Citra Panupalas Foto by William Mandala

Tempat wisata di Batu Bara selanjutnya adalah wisata Danau Citra Panupalas yang terletak di Panupalas, Lalang, Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Danau yang satu ini juga tidak kalah indah dengan danau sebelumnya. Selain memiliki spot alam yang cocok dijadikan sebagai background foto danau ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana seperti bebek bebekan yang akan membawa pengunjung mengitari danau.

Buat keluarga yang ingin berkemah di tepi danau juga diperbolehkan. Saat berkemah jangan lupa membawa joran untuk memancing kemudian bisa langsung di bakar untuk melengkapi acara api unggun.

Lokasi : Panupalas, Lalang, Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

3. Benteng Jepang

Benteng Jepang via Pinterest

Kota Batu Bara juga menyimpan nilai sejarah masa lalu yang bisa dikunjungi sebagai salah satu objek wisata. Sejarah tersebut berasal dari zaman penjajahan Jepang, dimana terdapat peninggalannya yang bernama Wisata Benteng Jepang yang dibangun pada masa penjajahan Jepang.

Dahulu benteng ini digunakan oleh bangsa Jepang sebagai pertahanan dan menghimpun kekuatan untuk menguasai bangsa Indonesia. Benteng ini sendiri memiliki arsitektur bangunan yang begitu kokoh dengan ukuran luas 4,8 X 2,6 meter.

Lokasi : Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

4. Danau Palas Asri

Danau Palas Asri

Saat sahabat jalan – jalan sedang mengunjungi kota Batu Bara, jangan lupa mampir ke salah satu objek wisata populer yang ada di kota ini yakni wisata Danau Palas Asri.

Sesuai namanya danau ini memiliki suasana yang masih begitu asri dan memberikan ketenangan yang cocok buat anda yang tinggal di kawasan perkotaan.

Danau ini cukup populer dan kerap dijadikan sebagai arena perlombaan. Jumlah pengunjung akan semakin meningkat saat libur sekolah atau libur nasional lainnya, serta di akhir tahun dan tahun baru.

Lokasi : Lalang, Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

5. Dogi Park Waterboom Indrapura

Dogi Park Waterboom Indrapura via Twitter @WIndrapura

Objek wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi untuk mengisi waktu libur adalah wisata yang sangat digemari oleh anak – anak.

Datang berkunjung ke wisata Dogi Park Waterboom Indrapura dijamin akan membuat anak – anak anda enggan pulang dan selalu rindu untuk berkunjung.

Wisata buatan yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air ini memang selalu ramai dikunjungi, terutama pada ibursekolah.

Terdapat berbagai wahana mulai dari kolam renang berbagai ukuran, kolam ombak, seluncuran berbagai model, dusun salju, lukisan 3D, spot foto selfie kekinian yang berupa taman miniature   dunia dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan H. Barus Siregar, Desa Tanjung Kubah, Air Putih, Kecamatan Indrapura, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

6. Istana Indrapura

Istana Indrapura via Kontra

Sebelum suku Batak mendiami kawasan Indrapura sudah terlebih dahulu kawasan ini dihuni oleh penduduk suku Melayu.

Suku ini memiliki tatanan pemerintahan berupa kesultanan yang kerajaannya dipimpin oleh seorang Sultan. Suku Melayu yang mendiami kawasan Sumatera Utara kemudian banyak meninggalkan jejak sejarah, salah satunya adalah Istana Indrapura.

Jejak sejarah nenek moyang bangsa Melayu di Batu Bara terus dilestarikan hingga kini dan dinobatkan sebagai salah satu cagar budaya.

Mengunjungi tempat ini akan membuat kita berjalan kembali ke masa lalu dimana bangsa Melayu Batu Bara pernah Berjaya. Ada banyak peninggalan kerajaan yang hingga kini masih tersimpan apik di dalam Istana.

Lokasi : Dusun Satu, Kelurahan Indrapura, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

7. Istana Niat Lima Laras

Istana Niat Lima Laras

Tempat wisata di Batu Bara selanjutnya adalah wisata Istana Niat Lima Laras yang juga merupakan peninggalan sejarah Suku Melayu Batu Bara yang dulunya menjadi pusat perekonomian serta social pada masa kesultanan  Melayu kala itu.

Bangunan istana bukan hanya cantik namun juga unik karena merupakan perpaduan bangunan ciri khas dari Suku Melayu, China dan Eropa.

Istana memiliki arsitektur  yang luar biasa bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka bangsa kita sudah memiliki peradaban yang tinggi, dengan bangunan berjumlah 4 lantai yang memiliki 28 pintu dan 66 pasang jendela.

Lokasi : Desa Lima Laras, Kecamatan Tanjung Tiram, kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

8. Kubah Datuk Batu Bara

Kubah Datuk Batu Bara

Memang sudah bukan sebuah rahasia lagi jika bangsa Melayu merupakan bangsa yang besar dengan berbagai sistem kerajaannya yang pernah berkuasa sekian lama.

Maka tidak heran jika jejak sejarah Bangsa Melayu di Batu Bara memiliki banyak peninggalan , salah satunya adalah wisata Kubah Datuk Batu Bara.

Menurut warga sekitar Kubah Datuk Batu Bara ini merupakan salah satu tempat keramat yang disucikan sebagai salah satu wisata rohani.

Ada banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan sendiri tempat yang memiliki hubungan dengan kerajaan melayu ini.

Buat yang ingin berkunjung bisa datang langsung ke kawasan Desa Kuala Gunung, kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Lokasi : Desa Kuala Gunung, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu  Bara, Sumatera Utara.

9. Meriam Nenas Siam

Meriam Nenas Siam

Di kawasan Nenas Siam, Kecamatan Medang Deras, kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara terdapat salah satu objek wisata yang bernama wisata Meriam Nenas Siam.

Sesuai dengan namanya kawasan ini merupakan wisata  sejarah peninggalan zaman perang atau zaman penjajahan.

Meriam sendiri merupakan alat atau senjata yang digunakan pada masa perang dahulu. Pengunjung bisa melihat peninggalan meriam yang dulunya digunakan untuk berperang oleh bangsa Belanda atau Jepang.

Lokasi : Nenas Siam, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

10. Meriam Simpang Dolok

Meriam Simpang Dolok

Ada lagi peninggalan sebuah meriam yang bernama Meriam Simpang Dolok, selain meriam Nenas Siam. Meriam ini juga merupakan peninggalan masa lampau yang digunakan bangsa Jepang dan Belanda.

Selain itu penduduk pribumi juga menggunakan alat yang satu ini untuk melawan musuh, yakni peninggalan kerajaan Melayu di tanah Batu Bara. Biasanya para wisatawan tidak mau  ketinggalan berfoto di depan meriam untuk kenang – kenangan.

Sebenarnya dahulu masyarakat suku Melayu merupakan penduduk asli, namun mereka akhirnya banyak yang pindah ke Penang, Malaysia sehingga kota kini banyak dihuni oleh suku Batak

Lokasi : Simpang Dolok, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

11. Pantai Bogak

Pantai Bogak via Backpackersejarah

Tempat wisata di Batu Bara selanjutnya adalah wisata Pantai Bogak, yang terletak di Bogak, Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat menawan, salah satu daya tarik pantai ini adalah lokasinya yang menghadap langsung ke selat Malaka.

Pasir putihnya yang bersih dan haus dikombinasikan dengan laut biru nan luas membuat pantai ini selalu ramai di kunjungi wisatawan.

Buat pecinta  fotografi cocok sekali menikmati liburan di tempat ini, karena berbagai spot foto menarik bisa didapatkan dengan mudah.

Lokasi :Bogak, kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

12. Pantai Bunga

Pantai Bunga via Anthonynh.blogspot.com

Objek wisata alam kota Batu Bara selanjutnya yang masuk ke dalam daftar tempat wisata favorit adalah wisata Pantai Bunga yang terletak di Jalan Pariwisata, Kecamatan tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Di sebut pantai Bunga bukan karena di sekitar pantai memiliki hamparan padang bunga dan sebagainya, namun keindahan alamnya mampu menyejukkan hati seperti saat kita berada di hamparan padang bunga.

Keindahan alam di sekitarnya mampu menyihir siapa saja yang datang, bukan hanya mereka yang datang dari sekitar Batu bara saja, namun banyak pula wisatawan asing yang menghabiskan waktu di tempat ini.

Lokasi : Jalan Pariwisata, Kecamatan Tanjung Tiiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

13. Pantai Jono

Pantai Jono via Plukme

Pantai Jono merupakan pantai terbesar di kota Batu Bara. Pantai ini mampu menampung hingga 2000 pengunjung.

Hal ini membuat banyak wisatawan tertarik menikmati waktu libur mereka di tepi pantai Jono. Selain itu keindahan pantai juga tidak kalah dari pantai lain yang ada di sekitarnya.

Setiap akhir pecan atau hari libur memang pantai selalu ramai, namun kamu tidak perlu takut berdesakan, karena daya tampung   yang besar membuat  kita bisa leluasa bermain di pinggir pantai.

Fasilitas pendukung yang ada di Pantai Jono juga cukup lengkap sehingga membuat pengunjung akan merasa lebih nyaman.

Lokasi : Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

14. Pulau Pandang

Pulau Pandang via Twitter @Genpisumut_

Ingin menikmati liburan di tempat yang romantis sehingga membuat waktu liburmu semakin tidak terlupakan, maka mengunjungi salah satu objek wisata andalan kota Batu Bara berikut adalah jawaban yang paling tepat.

Objek wisata alam Pulau Pandang, demikianlah masyarakat sekitar menyebutnya. Pulau ini begitu cantik dan memiliki banyak hal eksotis yang wajib kita nikmati, mulai dari hamparan pasir putih yang bersih dan halus, serta kita bisa melihat secara langsung Negara tetangga kita yakni Malaysia karena memang pulau ini diapit oleh Selat Malaka dan Samudera Hindia.

memang tempat ini menjadi lokasi yang tepat untuk menghabiskan waktu libur, terutama bersama   pasangan karena memiliki suasana yang begitu romantic, khas suasana honeymoon. Buat yang suka berselancar air juga bisa mencoba permainan   tersebut sebab gelombang lautnya cukup besar.

Lokasi : Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

15. Pantai Wisata Alam Datuk Batu Bara

Pantai Wisata Alam Datuk Batu Bara via Pariwisatasumut

Pantai Wisata Alam Datuk Batu Bara menjadi salah satu lokasi yang tidak boleh di lewatkan saat anda berada di kota Batu Bara.

Tempat ini merupakan kawasan yang dirancang sangat apik dan instagramable banget, cocok buat yang suka foto selfie kemudian diunggah ke media social sebagai salah satu bentuk eksistensi diri di dunia maya.

Meski awalnya pantai ini sebuah pantai biasa yang masih kurang ramai pengunjungnya, namun kini setelah diubah dengan konsep baru, kondisinya berbanding terbalik.

Berbagai spot foto yang kekinian dan instagenik menjadi konsep baru dari tempat ini. maka tidak heran jika pantai selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama para anak muda.

Beberapa spot yang bisa anda nikmati seperti, jam dinding ekstra besar dan lebar, kampung Indian, sangkar burung ekstra besar, replika rumah khas Papua dan masih banyak lagi.

Lokasi : Desa Kwala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

16. Pulau Salah Nama

Pulau Salah Nama

Sebelum anda sampai di Pulau Pandang, maka anda akan melewati Pulau Salah Nama terlebih dahulu, sebuah pulau yang juga sangat cantik dan menjadi salah satu objek wisata andalan kota Batu Bara.

Pulau ini terletak di Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Pulau ini memiliki pesona yang mampu menyihir siapa saja, karena memiliki air laut yang sangat jernih berwarna biru kehijauan atau toska yang membuat kita bisa melihat hingga ke dasar laut.

Buat yang hobi snorkeling tempat ini adalah lokasi yang paling cocok untuk mengeksplor kekayaan baharinya. Indahnya alam bawah laut yang dihuni jutaan biota laut membuat kita betah berlama – lama di tempat ini.

Lokasi : Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

17. Pantai Sejarah Perupuk

Pantai Sejarah Perupuk via Orbitdigitaldaily – Tempat Wisata Di Batu Bara

Tempat wisata di Batu Bara selanjutnya yang akan kita kunjungi adalah wisata Pantai Sejarah Perupuk yang terletak di kawasan Desa Parupuk, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Bukan hanya sebagai salah satu objek wisata kota Batu Bara, namun pantai ini juga memiliki nilai sejarah yang terus dikenang hingga kini. Pantai ini menjadi saksi bisu kedatangan tentara Jepang yang memasuki kota Batu Bara.

Jejak sejarah yang ada di pantai ini bisa dibuktikan dengan adanya beberapa peninggalan zaman Kolonial Jepang, namun sayangnya kondisinya cukup memprihatinkan karena memang kurang terawat .

Lokasi : Desa Parupuk, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara

18. Pemandian Air Panas Sumber Padi

Pemandian Air Panas Sumber Padi via Youtube – Tempat Wisata Di Batu Bara

Pemandian Air Panas Sumber padi menjadi salah satu tempat wisata di Batu Bara selanjutnya yang wajib dikunjungi. pemandian air panas ini terletak di Desa Sumber Padi, Kecamatan Limapuluh, kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan bukan hanya warga local saja, namun banyak pula warga asing yang ikut berendam di kolam air panas.

Segala penat yang dirasa akan hilang dan tubuh kembali segar. Selain itu banyak yang berpendapat bahwa berendam di dalam kolam air panas ini akan menyembuhkan berbagai penyakit, seperti menyembuhkan penyakit kulit, memperlancar peredaran darah, refleksi penderita stroke, asam urat dan masih banyak lagi.

Lokasi : Desa Sumber Padi, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

19. Singapore Land Park Batu Bara

Singapore Land Park Batu Bara via Pariwisatasumut – Tempat Wisata Di Batu Bara

Di Jalan Lintas Sumatera Utara KM 141, Sei Balai, Perkebunan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara terdapat salah satu objek wisata bernama wisata Singapore Land Park Batu Bara.

Objek wisata buatan ini memang sangat populer, maka tidak heran jumlah pengunjungnya semakin meningkat setiap tahunnya. Terdapat berbagai wahana permainan air, café dan resto, ruang karaoke keluarga, dan berbagai fasilitas lengkap lainnya.

Sesuai dengan namanya tentu tempat ini memiliki berbagai miniature Negara Singa yakni Singapore yang cocok dijadikan spot foto.

Lokasi : Jalan Lintas Sumatera Utara KM 141, Sei Balai, Perkebunan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

20. Sumur Bor Simpang Dolok

Objek wisata bersejarah di kota Batu Bara selanjutnya adalah wisata Sumur Bor Simpang Dolok. Wisata bersejarah ini merupakan peninggalan colonial Belanda saat berada di Indonesia dan kala itu menjajah bangsa kita.

Kita akan mendapatkan banyak pelajaran mengenai sejarah bangsa kita saat berperang melawan penjajahan saat berwisata ke tempat ini.

21. Masjid Jamik Indra Pura

Masjid Jamik Indra Pura via GMaps – Tempat Wisata Di Batu Bara

Perjalanan wisata kita kali ini akan kita lanjutkan menuju ke objek wisata religi bagi umat Muslim yakni  wisata Masjid Indra Pura.

Masjid ini bisa dikatakan sebagai masjid tertua di Batu Bara karena dibangun pada tahun   1920 yang merupakan peninggalan Kesultanan Indrapura.

Meski sudah berumur cukup tua, namun bangunan masjid hingga kini masih  terawat dan terus digunakan untuk beribadah. Selain itu ada banyak nilai sejarah yang bisa kita ambil dengan mengunjungi tempat ini.

Lokasi: Tanah Merah, Air Putih, Kab. Batubara

22. Kompleks Mesjid Padang Genting

Kompleks Mesjid Padang Genting – Tempat Wisata Di Batu Bara

Kompleks Mesjid Padang Genting menjadi salah satu tempat wisata di Batu Bara yang juga merupakan objek wisata sejarah masa lampau.

Maka tidak heran jika kita datang berkunjung kita akan diajak kembali ke masa silam. Masjid ini menjadi saksi bawah dahulu kesultanan Melayu pernah berkuasa dan Berjaya di masanya.

Kemegahan masjid sangat terasa dengan arsitektur yang begitu apik dan hingga kini masih tetap terawat

23. Meriam Datuk Simuangsa 2

Meriam Datuk Simuangsa 2 via @Travelingmedan – Tempat Wisata Di Batu Bara

Masih dari deretan cagar budaya kota Batu Bara, yakni meriam Datuk Simuangsa 2. Merupakan salah satu bukti sejarah Kesultanan Melayu, membuat banyak pengunjung yang datang ingin melihat secara langsung meriam yang dulunya digunakan untuk menghalau musuh.

Meriam ini merupakan peninggalan dari Datu Simuangsa yang merupakan seorang Sultan yang pernah berkuasa di kawasan pesisir Batu Bara.

24. Kampung Songket

Kampung Songket via Tribunnews – Tempat Wisata Di Batu Bara

Kalau liburan ke Batubara jangan lupa untuk mampir membeli songket di kampung Songket Batubara. Produk songket di kampung songket ini sudah terkenal hingga menasional.

Nah, anda tidak hanya bisa membawa pulang songket khas Batubara saja, anda juga bisa melihat proses pembuatan kain songket secara langsung.

Sebagian besar masyarakat disini merupakan pengrajin kain songket di rumah-rumah mereka. Wisatawan dapat menyaksikan proses pengerjaan kain songket membelinya sebagai oleh-oleh. Harga kain songket di Batubara sangat bervariasi mulai ratusan hingga jutaan Rupiah setiap kainnya.

Lokasi: Desa Padang Genting, Kec. Talawi, Kab. Batubara

25. Pantai Galuh Indah

Pantai Galuh Indah via FB Pantaigip – Tempat Wisata Di Batu Bara

Rekomendasi tempat wisata di Batubara yang terakhir dari kami adalah pantai galuh indah yang memiliki pasir putih nan terhampar rapi berjejer dengan hutan mangrove yang teduh.

Di pantai ini terapat beberapa spot selfie yang dibuat oleh pengelola khusus untuk wisatawan yang doyan foto-foto. Wisatawan yang berkunjung dijamin aan betah berlama-lama di pantai ini. Mengenai HTM pantai galuh indah ini, wisatawan dikenakan biaya masuk 10k saja. 

Lokasi: Guntung, Bagan Arya, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara.

***

Itu tadi sederet tempat wisata di Batu Bara yang tidak boleh dilewatkan. Tempat – tempat tersebut memiliki banyak sekali keunggulan di banding dengan wisata di kawasan lain. Dijamin membuat waktu liburmu semakin tidak terlupakan. Selamat berkunjung dan selamat berlibur.

Kunjungi juga: Tempat Wisata Di Dairi Sumut

Exit mobile version