23 Tempat Wisata di Danau Toba Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Danau Toba bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda untuk liburan. Danau toba merupakan salah satu danau terbesar yang ada di Asia Tenggara dan Indonesia. Danau Toba juga merupakan danau terluas yang ada di dunia, sedangkan Danau terbesarnya ada di Afrika yaitu Danau Victoria.

Danau Toba terletak di Sumatera Utara, danau ini memiliki wisata alam yang indah dan banyak yang bisa anda kunjungi. Danau ini bisa terbentuk karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat.

Danaunya seperti lautan jika anda melihat di pesisirnya. Anda juga bisa melihat keindahannya dengan adanya bukit barisan yang mengelilingi Danau Toba.

Tempat Wisata di Danau Toba

Selain itu di tengahnya juga terdapat pulau Samosir, pulau vulkanik. Jika ditanya pengujungnya, ternyata Danau Toba ini juga menjadi tempat berkunjung wisatawan mancanegara dan Domestik. Untuk lebih jelasnya rekomendasikan tempat wisata di Danau Toba yang bisa anda kunjungi:

1. Parapat

Parapat

Wisata yang berada di Girsang Bolon Kabupaten Simalungun. Jika dari kota Medan, parapat ini dapat di tempuh dengan waktu 4-5 jam. Parapat ini memiliki keindahan alam yang memukau. Di sepanjang jalan anda bisa melihat pemandangan Danau Toba yang luas. Anda juga bisa beristirahat di sana sambil makan makanan ringan dan minum kopi.

Sebelum anda sampai ke Parapat anda akan menemui monyet yang sedang berkeliaran. Untuk itu anda perlu membawa kue atau sancak ringan yang bisa anda berikan pada monyet di sepanjang jalan.

Kunjungi juga: 18 Tempat Wisata di Tapanuli Utara

2. Pulau Samosir

Pulau Samosir via shutterstock
Pulau Samosir via shutterstock

Pulau yang memiliki letak geografis yang unik, dan termasuk pulau terbesar di Indonesia. Kabupaten Samosir merupakan kabupaten yang baru lahir dan merupakan perluasan dari kabupaten Toba Samosir.

Ketika anda berkunjung ke Pulau Samosir anda akan disuguhkan wisata budaya dan juga alamnya. Pulau ini menjadi wisata yang utama ketika berkunjung ke Danau Toba.

3. Pantai Lumban Slilintong Balige

Pantai Lumban Silintong Balige via Tour Toba
Pantai Lumban Silintong Balige via Tour Toba

Tempat Wisata di Danau Toba yang ada di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Untuk bisa sampai ke sini anda bisa menggunakan jalur darat ataupun utara. Jika anda dari kota Medan dan menggunakan kendaraan umum kurang lebih 6 jam untuk sampai kesana.

Untuk rute cepatnya anda bisa menggunakan pesawat ke arah Siborong-borog kabupaten Taput. Membutuhkan waktu setengah jam untuk sampai. Di pantai ini anda dapat melihat keindahan alam dan wisata kuliner juga. Anda juga bisa berenang di bibir pantai.

Untuk wisata kulinernya anda bisa mencoba ikan bakar khas dari sana, khususnya ikan mujair dan mas. Ikan ini langsung di ambil dari Danau Toba. Jadi, ikannya masih segar dan gurih.

Kunjungi juga: 19 Tempat Wisata di Gunungsitoli

4. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging by Andi.motret
Kebun Bunga Sapo Juma Tongging by Andi.motret

Lokasi: Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Cara ke Sana: Rute Pematang Siantar – Raya Tigarunggu Seribu Dolok – Merek. Selanjutnya akan bertemu dengan perempatan jika lurus ke Air Terjun Sipiso- piso dan jika ke kiri arah  Paropo. Untuk menuju Sapo Juma ambil ke kanan melewati jalan yang lumayan rusak. Rute lain adalah via Bukit Gajah Bobok dan via Jalan Lintas Merek – Sidikalang. Kordinat di sini
Tiket Masuk: Rp20.000/orang.

Wisata ini terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Wisata ini memiliki keindahan alam yakni taman bunga. Sapo juma sebenarnya adalah penginapan yang ada di pinggir Danau Toba.

Untuk dapat menikmati ketenangan anda bisa menginap sambil menikmati suasana Danau Toba. Sapo Juma sekarang ini menjadi viral di instagram. Hal in dikarenakan terdapat taman bunga cantik yang ada di area Sapo Juma.

Tentunya taman ini menjadi salah satu spot bagus untuk foto instgenik. Bangunannya sudah ada jalan setapak, jadi anda tidak perlu menginjak-injak bunga tersebut. Dengan demikian taman akan tetap menjadi indah dan terjaga. Tidak seperti hal-hal yang sudah terjadi di berbagai wisata taman bunga lainnya.

5. Puncak Sidiangkat, Sidikalang

Puncak Sidiangkat, Sidikalang Foto by zonasidikalang
Puncak Sidiangkat, Sidikalang Foto by zonasidikalang

Lokasi: Kabupaten Dairi, tepatnya ada di Jl. Subulussalam – Sidikalang No.171, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara
Cara ke Sana: Anda dapat naik bus Datra atau Damri tujuan Phakphak Barat dari Simpang Salak atau “Timbangan”. Jangan lupa sebelum naik, infokan terlebih ke supir bus untuk menurunkan Anda di Sidiangkat. Kordinat di sini.
Tiket Masuk: Rp. 5.000 per Orang.

Wisata ini berlokasi di Kabupaten Dairi yang ada di Jalan Subulussalam-Sidikalang. Untuk sampai ke tempat ini anda bisa naik bus Dami yang bertujuan ke phakphak dari Simpang Salak. Sebelumnya anda juga harus memberitahukan supir untuk turun ke Sidiangkat.

Wisata alam ini jauh dari polusi Udara karena berada di Puncak. Yang menjadikan daya tarik istana ini adalah spot foto yang unik seperti sarang burung raksasa.

Ketika anda berfoto-foto background yang ditampilkan juga memukau, berupa keindahan alam yang hijau dan menyegarkan yang tentunya bukan editan.

Anda juga bisa menginap di wisata ini karena disediakan hotel. Nama hotelnya yaitu Natampuk Mas yang  ada di puncak. Hotelnya dikelilingi perbukitan dan juga hutang lindung. Tentunya udaranya juga segar dan menyejukkan.

6. Inna Parapat Hotel

Inna Parapat Hotel Foto by febriamar
Inna Parapat Hotel Foto by febriamar

Lokasi: Jl. Marihat No. 1, Parapat, Sumatera Utara.
Cara ke Sana: Sewa mobil dari kota Medan menuju Parapat dengan lama perjalanan 3 jam.

Salah satu wisata miniatur peninggalan Belanda di Hotel yang legendaris di Danau Toba. Wisata ini terletak di Jalan Marihat, No 1, Sumatera Utara. Untuk sampai ke lokasi anda bisa menyewa mobil dari kota Medan. Sekitar 3 jam anda akan sampai ke lokasi.

Hotel ini terletak di pinggir Danau Toba, bentuknya seperti Bunglon. Hotel ini sering digunakan sebagai tempat menginap Kontingen Indonesia yang akan bertanding pada kujuaran nasional. Seperti halnya Sea Games, PON (Pekan Olahraga Nasional) dan Asian Games.

Hotel ini memiliki 3 restoran yang menyediakan menu nasional dan internasional. Hotel ini tidak memiliki tempat renang, tapi anda bisa menikmati tepi danau yang berpasir putih. Selain itu di hotel ini juga memiliki suasana Eropa yaitu terdapat kincir angin Belanda. Selain itu hotel ini juga memiliki taman yang indah dan spot foto yang menarik.

7. Gunung Pusuk Buhit

Gunung Pusuk Buhit foto indonesiajuara
Gunung Pusuk Buhit foto indonesiajuara

Lokasi: Kota Pangururan, Pulau Samosir, Sumatera Utara
Cara ke Sana:  Jalur Darat:  Dari kota Medan, Anda harus melewati Kabupaten Karo menuju Sidikalang (Kabupaten Dairi) melewati Menara Tele, setelah itu dilanjutkan menuju Pangururan.
Jalur Air: Dari kota Medan, Anda menuju ke kota Prapat di Kabupaten Simalungun, lalu dilanjutkan menuju Pelabuhan Tigaraja. Dari Pelabuhan Tigaraja Anda akan menyeberang menuju Pelabuhan Tomok dan dilanjutkan dengan naik bus menuju Kota Pangururan. Kordinat di sini

Gunung ini bisa di ibaratkan sebagai gunung berapi yang ada di Gunung berapi super. Gunung ini adalah fenomena alam yang unik yang berada di pulau Samosir. Anda bisa menikmati indahnya Danau Toba lewat Gunung Pusuk Buhit. Ketinggian dari Gunung ini yaitu 1900 meter dari permukaan laut.

Udaranya yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat kamu refresh kembali. Cocok untuk liburan dan menyegarkan otak kembali.

8. Bukit Gajah Bobok

Bukit Gajah Bobok
Bukit Gajah Bobok

Bukit ini cocok untuk menikmati sunrise dari perbukitan Toba. Anda bisa melihat sunrise dengan penampakan yang begitu memukau. Wisata ini cocok untuk melihat sunrise, jadi ketika pagi-pagi anda aka disuguhi penampakan yang tidak bisa anda temui selain disini.

Di bukit ini anda juga bisa muncak dan berkemah. Tentunya akan semakin menambah liburan anda menjadi lebih menarik. Ketika malam tiba anda bisa tidur di kolong langit dan melihat gugusan bintang yang indah.

9. Bukit Holbung Samosir

Bukit Holbung Samosir via heyzille
Bukit Holbung Samosir via heyzille

Lokasi:  Untuk menuju bukit ini dapat ditempuh dengan dua rute.
Pertama melalui Medan – Kabanjahe – Tele.
Kedua Melalui Medan – Siantar – Parapat – Tomok (Samosir)
Cara ke Sana: Untuk menuju bukit ini dapat ditempuh dengan dua rute. Pertama, dari Medan ke Tele. Selama perjalanan, anda bisa melewati Kebanjahe. Rute lain adalah melalui Siantar, Parapat, dan Samosir. Itu tergantung pada titik awal Anda. Jika Anda memilih rute kedua, Anda harus menggunakan Pelabuhan Tiga Raja untuk mencapai Tomok di Pulau Samosir. Kordinat di sini

Anda bisa menikmati wisata alam lainnya berupa bukit yang hijau dan ilalang. Jika dilihat dari kejauhan bukit ini membentang dari satu sisi ke sisi lain.

Wisata ini cocok banget untuk selfie karena memiliki background yang unik dan menarik. Yang menarik dari wisata ini adalah nuansanya. Kamu bisa menikmati sejuknya alam di dekat Danau. Background anda berfoto juga berupa Danau dengan perbukitan.

10. Bukit Siadtaras

Bukit Siadtaras
Bukit Siadtaras

Salah satu Tempat Wisata di Danau Toba yang menyejukkan. Untuk menikmati Danau Toba anda bisa memilih melewati jalur lewat Bukit Siadtaras. Bukit ini memiliki jalan setapak yang ujungnya akan sampai ke pesisir Danau Toba dan Puncak Bukit.

Untuk melewati jalan ini memang dibutuhkan keberanian karena jalannya masih sempit. Pastinya tidak akan kecewa jika melewati jalan tersebut, karena anda bisa menikmati panorama di puncak bukit sambil menikmati indahnya Danau Toba.

11. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara by nidyapramita
Lembah Bakkara by nidyapramita

Lokasi: Kabupaten Humbang Hasundutan, Kecamatan Baktiraja, Sumatera Utara.
Cara ke Sana: Rute pertama: Medan-Siborong-borong-Kecamatan Muara. Rute kedua: Sidikalang-Doloksanggul. Koordinat di sini

Tempat ini dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras. Sungai terbesar yang dominan adalah Aek Silang yang bersumber dari air terjun yang tercurah dari bentangan perbukitan. Sungai kedua yang lebih kecil bernama Aek Simangira. Keduanya mengaliri beberapa desa dan bermuara di Danau Toba.

Lembah Bakkara adalah tempat kelahiran dari Raja Sisingamangaraja XII, Pahlawan nasional dari Sumatera Utara yang dahulu berperang melawan penjajahan Belanda.

Bakkara terkenal dengan Aek Sipangolu (air yang menghidupkan). Konon menurut cerita jika seseorang terkena jenis penyakit apapun apabila orang tersebut berendam atau meminum air dari Aek Sipangolu maka ia akan sembuh.

Aek Sipangolu adalah sumber air yang keluar dari batu dan mengalir sepanjang masa, airnya segar dan jernih dan bermuara di Danau Toba. Bakkara juga terkenal akan bawang merahnya yang menjadi komoditas utama penduduk daerah ini, di samping padi dan kacang tanah.

12. Kapal Pesiar Danau Toba

Kapal Pesiar Danau Toba sportourismid
Kapal Pesiar Danau Toba

Lokasi: Parapat, Sumatera Utara.
Telepon: 0823 6959 5172 (Stephanie)  | 0812 6470 6270 (Febry)
Cara ke Sana: Anda harus naik dari Pelabuhan Tomok. Rutenya adalah  Tomok, Batu Gantung, Parapat, Air Terjun Situmurun Binangalom kemudian kembali ke Tomok. Kordinat di sini
Tarif Sewa Kapal: Rp1.000.000 untuk 1 jam pertama. 1 jam berikutnya Rp 500.000, 1 jam ketiga Rp500.000, dan 1 jam keempat gratis. Lalu berulang seperti awal untuk jam berikutnya sehingga secara total biaya sewa tergantung lamanya penggunaan. Untuk penggunaan selama 8 jam biayanya Rp4.000.000.

Selanjutnya Tempatwisataseru.com juga merekomendasikan anda untuk menaiki Kapal Pesiar Danau Toba yang seru banget. Kapal Pesiar Danau Toba ini sudah beroperasi dari 28 Desember 2017 silam untuk melayani para penumpang.

Oh ya, sekedar informasi bahwasanya, paket kapal pesiar ke Danau Toba ini sendiri merupakan opsi paket baru yang dikerjakan dengan pemerintah Singapura lho.

Bentuk dari Kapal Pesiar Danau Toba ini sendiri seperti rumah adat batak. Kapal ini sendiri adalah kepunyaan dari Pemkab Samosir. Kapalnya sangat unik banget, dengan ornamen ukiran ala Batak, memiliki panjang sekitar 21,5 meter sedangkan lebarnya mencapai 7 meter.

Anda akan diajak rekreasi di danau toba menggunakan kapan yang terbuat dari full kayu ini. Selain itu, kapal ini sudah dilengkapi dengan safety kok, ada 2 buah sekoci dengan daya tampung 20 orang, punya pelampung keselamatan, pemadam api, dan tidak ketinggalan juga penunjuk keadaan darurat red hand flare, sehingga kalau berbicara mengenai keamanan kapal ini sudah memadai banget.

Kapal Pesiar ini sendiri punya 2 dek yang bisa kalian pilih untuk menikmati keindahan danau toba, kalian bisa memilih berada di bagian dek atas dan bawah Dek bawah terbuka. Untuk bagian dek atas sendiri ditutupi dengan menggunakan kaca sehingga lebih kedap suara akan tetapi kalian tetap bisa menikmati pemandangan sekitarnya.

Kalau anda memilih di bagian atas, kalian bisa ke balkon kapal yang dapat muat untuk 12 orang untuk melihat keindahan danau ini sambil bersantai menikmati semilir udara. Untuk melengkapi berfoto wisatawan, kapal ini memiliki 2 buat patung di bagian depan kapal berupa laki-laki yang mengenakkan berpakaian adat sepeti lagi manortor atau menari.

Jangan lewatkan juga: 17 Festival Budaya di Indonesia Paling Memukau

13. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun Binangalom via Instagram.com @uen_sugary @ariefmuhammad
Air Terjun Situmurun Binangalom via Instagram.com @uen_sugary @ariefmuhammad

Lokasi: Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.
Cara ke Sana: Jika dari Medan maka anda harus menuju kota Parapat terlebih dahulu menggunakan kendaraan umum (bus) seperti Intra atau Sejahtera kurang lebih 6 jam dengan biaya Rp25.000 – Rp35.000; ataupun menyewa kendaraan pribadi (mobil) kemudian dari Parapat anda lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ajibata. Anda bisa bertanya – tanya kepada masyarakat sekitar untuk menyewa kapal motor. Mobil pun bisa dititipkan di pelabuhan Ajibata ini. Mengendarai kapal motor dari Pelabuhan Ajibata menuju Air Terjun Situmurun ini menghabiskan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. Kordinat di sini.

Rekomendasi tempat wisata di sekitar danau Toba yang tidak boleh anda lewatkan adalah Air Terjun Situmurun atau juga disebut sebagai air terjun Binangalom karena air dari air terjun ini bersumber dari desa Binangalom Kecamatan Lumban Julu, kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Nama dari air terjun ini asalnya dari nama sungai yakni Lum, lom atau lum sendiri kalau dalam bahasa batak memiliki arti air penyejuk hati.

Air Terjun Situmurun Binangalom ini cukup unik, karena airnya langsung jatuh ke air di danau toba, sehingga kita anda ingin menikmati air terjun ini secara langsung dengan berenang anda akan merasakan sensasi berenang melawan arus akibat aliran air terjun ini.

Bagi wisatawan yang berminat mengunjungi Air Terjun Situmurun Binangalom ini, kalian bisa melewati 2 rute dari Medan, yakni dari Parapat lewat Pelabuhan Ajibata atau dari Balige melalui Pelabuhan Balige.

Kedua rute tersebut mesti menggunakan kapal motor untuk bisa sampai di air terjun ini. Akan tetapi kalau kalian mau jarak yang paling dekat adalah melalui rute dari Balige, karena lokasi air terjun ini sendiri letaknya ke arah Balige.

14. Air Terjun Turunan Bolon

Air Terjun Turunan Bolon via Medan Wisata
Air Terjun Turunan Bolon via Medan Wisata

Lokasi: Desa Tomuan Holbung Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.
Cara ke Sana: 6 jam perjalanan dari Medan dan 3 jam dari Pematang Siantar via Tanah Jawa Simalungun-Mandoge (jika datang dari arah Medan). Kordinat di sini.
Tiket Parkir dan Retribusi: Rp 9000

Rekomendasi tempat wisata alam di danau Toba yang mesti anda sambangi adalah air terjun Turunan Bolon (Turbo) atau Air Terjun Campuran Bolon atau disebut juga Air Terjun Naga yang ada di Desa Tomuan Holbung Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan.

Di sekitar lokasi air terjun ini masih terjaga kealamiannya, kalian akan melihat alam yang masih asri dengan pepohonan yang menghijau plus tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Buat yang datang kemari jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ya, karena kalian pasti tidak akan tahan untuk menahan godaan mandi-mandi di sungainya yang jernih banget airnya. Tersedia ban yang bisa kalian jadikan pelampung biar makin seru berenangnya.

15. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung Foto by arie_fft
Bukit Indah Simarjarunjung Foto by @arie_fft

Lokasi: Jl. Simarjarunjung, Parik Sabungan, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
Tiket Masuk:  Rp2.000 per orang |  Rp5.000 per orang untuk berfoto-foto di lokasi.
Cara ke Sana:  Dari kota Medan bisa melewati Berastagi menuju ke arah Parapat, atau bisa juga menuju Samosir. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju ke arah Simalungun, menuju ke Jalan Simarjarunjung. Kordinat di sini

Rekomendasi tempat rekreasi di sekitar danau Toba dari Tempatwisataseru.com selanjutnya adalah kawasan wisata Bukit Indah Simarjarunjung yang sudah beroperasi dari tahun 2016 silam.

Dari tempat ini kalian dapat menyaksikan keindahan danau toba dari ketinggian. Sekilas buat kalian yang pernah ke Kalibiru Jogja, wisata Bukit Indah Simarjarunjung ini sekilas hampir sama.

Dimana anda dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya dari rumah pohon yang keren banget. Ada juga rumah pohon cinta yang instagramable banget buat dijadikan tempat berfoto-foto.

Kalian benar-benar akan terpesona dengan keindahan alam yang terbentang di depan mata berupa view perbukitan nan menghijau berpadu dengan birunya langit, kawasan persawahan, dan juga perkebunan teh dan kopi yang menghampar luas.

16. Desa Wisata Tomok

Desa Wisata Tomok via IG @m_luthfi23, @eijathyzrieyy
Desa Wisata Tomok via IG @m_luthfi23, @eijathyzrieyy

Lokasi: Pulau Samosir, Sumatera utara
Cara ke Sana: Kapal Feri dan Kapal motor dari Pelabuhan Wisata Parapat tersedia hingga jam 5 sore, dan paling lambat jam 7 kembali dari Tomok ke Parapat. Anda bisa menyewa kapal motor secara khusus dengan harga sekitar Rp 500.000, sampai Anda diantarkan kembali ke Pelabuhan Parapat.
Kordinat di sini

Kalau kalian ke danau Toba khususnya yang menyeberang ke pulau Samosirnya, anda akan langsung disambut dengan Desa Tomok yang masih menjaga budaya dan tradisi mereka hingga kini.

Desa tradisional di Samosir ini sendiri merupakan pintu gerbang dan pengenalan Samosir, di desa ini kalian bisa melihat sarkofagus berupa batu besar kepala suku Sidabutar yang dipahat menggunakan satu blok batu.

Anda dapat melihat pada bagian depan dipahat menggunakan ukiran wajah singa- makhluk mitos, bagian kerbau, bagian gajah. Sementara untuk tutupnya sendiri berbentuk pelana adalah patung kecil seorang wanita membawa mangkuk, hal tersebut dipercayai oleh penduduk mewakili istri ketua yang mati.

Kalau ke desa ini jangan lupa untuk berbelanja berbagai barang ya, ada oleh-oleh berupa pakaian, kain, pernak-pernik, dan berbagai cinderamata yang unik.

Akan tetapi kalian mesti pandai-pandai untuk menawar ya, jangan sampai anda tertipu dengan pedagang yang kerap menaikkan harga semaunya.

16-a. Patung Sigale-gale

Kalau beruntung anda bisa menyaksikan tarian tor-tor dari penduduk setempat dan tarian sigale-gale. Sigale-gale sendiri merupakan boneka yang bisa bergerak-bergerak dan menari sendiri, sejenis wayang orang di Jawa.

Namun kalau ternyata tidak ada pertunjukan tersebut, kalian tetap dapat menyaksikannya dengan memesan pertunjukan tarian-tarian tadi dengan biaya sekitar Rp200.000 per pertunjukan kepada para penari.

16-b. Pemakaman Raja-raja kuno Batak

Selanjutnya, kalau kalian mau melihat area pemakaman raja-raja kuno batak, kalian bisa menuju ke kompleks pemakanannya, disini kalian dapat melihat peti-peti batu berukir kepala manusia. Peti batu itu tidak tertanam di dalam tanah, tetapi berada di atas permukaan tanah.

Di dalam peti tersebut bersemayam raja-raja keturunan Sidabutar. Setidaknya terdapat 3 Raja beserta beberapa kerabatnya yang dimakamkan di kompleks ini. Jenazahnya tidak dikubur dalam tanah, tetapi hanya dimasukkan dalam peti yang terbuat dari batu alam.

16-c. Museum Batak

Di desa ini juga terdapat sebuah museum yang bentuknya mirip dengan rumah adat Batak. Di dalam museum tersebut ada beberapa peninggalan seperti senjata, pakaian adat, dan alat rumah tangga orang Batak kuno.

Bagi wisatawan yang datang kemari akan diizinkan untuk mengenakkan pakai adat Batak sebagai kenang-kenangan untuk diambil gambar. Tidak ada biaya tiket masuk untuk mengunjungi museum ini. Akan tetapi kalau pengunjung mau nyumbang diperkenankan di kotak yang sudah disediakan seikhlasnya.

Catatan: Kalau kalian datang dengan kapal feri atau kapal motor reguler, jangan terlalu lama di Desa Tomok ya, karena kapal tersebut cuma beroperasi sampai jam 7 malam saja, so segera menuju ke pelabuhan sebelum jam 7 sore ya, jangan sampai anda melewatkan kapal untuk kembali ke Parapat.

17. Desa Tuktuk Siadong

Desa Tuktuk Siadong
Desa Tuktuk Siadong

Lokasi: Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
Cara ke Sana: Perjalanan melalui darat ke Parapat memakan waktu sekitar 4-5 jam dari Medan. Ada juga moda kereta api dari Medan menuju Pematang Siantar lalu dilanjutkan dengan menggunakan bus ke Parapat sekitar 1-2 jam. Koordinat di sini

Tempatwisataseru.com juga merekomendasikan anda untuk mampir dan bermalam di desa Wisata Tuktuk Siadong; sayang sekali kalau anda tidak mampir ke desa yang indah banget yang merupakan sebuah tanjung kecil di Pulau Samosir.

Di desa yang cantik ini kalian akan disuguhkan dengan keindahan alam yang memukau, kalian akan disuguhkan dengan view tepi danau yang menghipnotis, tidak heran kalau wisatawan yang datang kemari akan langsung terpana dengan keindahannya.

Letak desa ini sendiri ada di kecamatan Simanindo, kabupaten Samosir, provinsi Sumatra Utara. Di desa wisata ini, anda akan dimanjakan dengan berbagai wahana rekreasi berupa pantai untuk olahraga air, seperti kano, jetski, waterbikes, atau berenang dan memancing; namun udara di sini sejuk karena terletak di pegunungan.

So, buat kalian yang rekreasi ke danau Toba jangan lupa untuk mengarahkan kendaraan anda ke salah satu hotel tepi danau yang premier, meski berupa hotel mewah, hotel kecil hingga homestay dengan budget terjangkau, antara Rp100.000 – Rp500.000 per malam tergantung hotel yang anda pilih.

Meski daerah ini termasuk mayoritas Katolik, anda tidak perlu khawatir karena banyak rumah makan Halal di tempat ini yang memang dikelola oleh muslim.

18. Pantai Batu Hoda

Pantai Batu Hoda via IG @ardenwiebowo
Pantai Batu Hoda via IG @ardenwiebowo
Lokasi: Kabupaten Simalungun, Kota Tigaras, Sumatera Utara.
Cara ke Sana: Ada 3 jalur dari kota Medan. Jalur Pertama: Medan-Brastagi-Karo-Simalungun-Tigaras. Jalur Kedua: Medan-Pematang Siantar-Sidamanik-Tigaras (di jalur ini Anda dapat menikmati pemandangan kebun teh Sidamanik). Jalur Ketiga: Medan-Pematang Siantar-Simpang Raya-Tigaras (Anda dapat menikmati pemandangan kebun kelapa sawit). Setelah tiba di kota Tigaras, anda harus menyebrang dengan kapal feri menuju Simanindo dengan harga tiket sekitar Rp7.000 per orang. Perjalanan ini ditempuh dalam 30 – 45 menit.
Koordinat di sini.

Selanjutnya anda juga bisa menyambangi Pantai Batu Hoda sebagai alternatif mengisi liburan di danau Toba. Meski bukan merupakan laut, akan tetapi pantai di Danau Toba ini juga asyik untuk kita jadikan tempat rekreasi.

Letak pantai ini sendiri ada di kabupaten Simalungun yang lokasinya tidak jauh dari kota Tigaras. Di pantai ini wisatawan bisa menyaksikan keindahan Danau Toba di pinggiran danau yang landai. Pantai ini bisa dibilang lumayan bersih dan alami, sudah ada fasilitas toilet umum dan juga warung jajanan.

19. Tanjung Unta

Tanjung Unta via IG @travelmatesiantar
Tanjung Unta via IG @travelmatesiantar

Lokasi: Kabupaten Simalungun, Kota Tigaras, Sumatera Utara.
Cara ke Sana: Anda dapat menggunakan transportasi darat seperti Bus atau Sewa mobil dengan rute Medan-Pematang Siantar-Tanjung Unta dengan jarak sekitar 109 km. Kordinat di sini
Informasi Lainnya: Paket Tour 3 Hari Medan

Rekomendasi tempat wisata di danau Toba yang bisa kalian sambangi selanjutnya adalah Tanjung Unta yang letaknya tidak jauh dari lokasi Pantai Batu Hoda yang sudah diulas sebelumnya.

Objek wisata yang satu ini sangat legendaris sekali karena langsung dinamakan oleh salah satu proklamator Republik Indonesia, Bapak Moh. Hatta; beliau menyebut Tanjung ini sangat mirip dengan punuk unta yang sedang beristirahat.

Letak Tanjung Unta sendiri ada di Nagori (Desa) Sipolha, Kecamatan Sidimanik, Kabupaten Simalungun, kira-kira 10 km dari kantor kecamatan, dan kira-kira 72 km dari Pematang Siantar.

Bagi wisatawan yang mau berlibur ke Tanjung Unta, ada beberapa kegiatan seru yang bisa kalian lakukan disini, seperti berkemah, memancing, dan lain-lain.

20. Pantai Paropo

Pantai Paropo via Ig @hairis_abdi12
Pantai Paropo via Ig @hairis_abdi12

Lokasi: Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.
Cara ke Sana: Perjalanan menuju Paropo dari Kota Medan memakan waktu tempuh 3-5 jam via jalur darat Medan-Brastagi-Dairi atau sekitar 30 menit dari Sidikalang.
Bila dari Tongging, sekitar 10 menit perjalanan menyusuri jalan yang masih sempit di tepi danau.  Kordinat disini
Tiket Masuk: Rp4.000 per Orang. Untuk parkir kendaraan dikenakan Rp10.000 (Senin – Jumat) dan Rp15.000 (Sabtu – Minggu).

Ada juga Pantai Paropo yang tidak kalah menarik untuk kita sambangi, pantai yang satu ini letaknya ada di Desa Paropo, Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi,  Sumatera Utara.

Pantainya indah banget, pas buat kalian jadikan tempat camping, mancing atau sekedar refreshing. Oh ya, kalau kalian tidak mau camping, di sekitar pantai ini sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa kalian jadikan sebagai tempat bermalam dengan harga yang variatif mulai dari Rp200.000/malam sampai Rp500.000/malam, dengan fasilitas yang memadai, letak penginapannya ada yang di sekitar pantai ada juga yang dekat perbukitan. 

21. Aek Rangat Pangururan

Aek Rangat Pangururan via IG @ilhamlubis
Aek Rangat Pangururan via IG @ilhamlubis

Lokasi: Jalan Aek Panas, Kel. Siogung Ogung, Pangururan, Samosir Sumatera Utara
Cara ke Sana: Dari pusat Kota Pangururan dengan jarak sekitar 3 kilometer dapat ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 15-20 menit. Kordinat di sini.
Sewa Sepeda Motor: Rp50.000 per hari.

Buat yang ingin liburan dengan yang antimainstream, kalian bisa datang ke Aek Rangat Pangururan. Disini kalian akan disuguhkan dengan pemandian air panas alami.

Pemandian air panas ini sendiri lokasinya ada di lereng Gunung Pusuk Buhit, lokasinya ada di Pangururan, daerah ini sendiri adalah daerah yang beriklim sejuk karena berada di dataran tinggi di Pulau Samosir.

Pemandian air panas Aek Rangat Pangururan ini akan memanjakan siapa saja yang datang kemari, anda akan diajak berendam di air panas dengan suasana sekitar yang sejuk, pemandangan sekitarnya juga masih sangat terjaga kealamiannya.

Airnya sendiri berwarna putih keabu-abuan, anda akan betah berlama-lama disini, apalagi tempatnya keren banget, jangan lupa untuk mengabadikan momen saat berendam di air panasnya.

Buat wisatawan yang datang dari tempat yang jauh tidak perlu khawatir kalau tidak membawa bekal, karena di sekitar lokasi pemandian Aek Rangat Pangururan  ini sudah terdapat beberapa warung makan yang menyediakan ankea menu makanan khas Sumatera Utara ataupun menu-menu lainnya seperti ikan mas yang dimasak dengan cara arsik hingga mie gomak yaitu mie khas Sumatera Utara.

22. Pemandian Bukit Gibeon

Pemandian Bukit Gibeon via IG @mhddanisetyawan, @emharis
Pemandian Bukit Gibeon via IG @mhddanisetyawan, @emharis

Lokasi: Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara
Cara ke Sana: 25 Menit dari Parapat atau 1,5 jam dari Balige menuju Bandara Sibisa. Kordinat di sini.
Tiket Masuk: Rp10.000 per orang dan Rp2.000 untuk parkir motor.

Selanjutnya Tempatwisataseru.com juga merekomendasikan Pemandian Bukit Gibeon untuk kalian jadikan tempat rekreasi saat berkunjung ke danau Toba.

Bukit Gibeon ini memang terkenal sebagai tempat rekreasi keluarga di Toba Samosir. Hal ini tentu saja karena Bukit Gibeon ini memang sangat indah banget dan alamnya masih asri.

Objek wisata ini juga dikenal dengan nama Pusat Seminar Bukit Gibeon (PSBG). Dan kini Bukit Gibeon ini sudah menjadi destinasi wisata favorit di sekitar Danau Toba, bahkan wisatawan mancanegara juga menjadikan Bukit Gibeon ini sebagai tempat berlibur.

Pusat Seminar Bukit Gibeon pada dasarnya adalah lokasi buat para Misionaris atau Pendeta untuk sekolah, akan tetapi juga menjadi tempat pusat retret, tempat doa, ibadah, ataupun sekedar liburan keluarga.

Di Bukit Gibeon ini ada air terjun yang cukup unik, karena air terjun tersebut langsung jatuh ke dalam kolam renang yang asyik banget buat dijadikan tempat mandi.

23. Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan via IG @syamilxk
Gunung Sibuatan via IG @syamilxk

Lokasi: Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Cara ke Sana: Dari Kota Medan anda bisa langsung menuju Desa Naga Lingga, Kecamatan Merek. Dengan menggunakan angkutan umum yang bertrayek jurusan Medan-Sidikalang dan dari Medan memakan waktu hingga 3 jam untuk tiba di Desa Naga Lingga. Ongkosnya adalah Rp15.000 saja per orang. Desa Naga Lingga merupakan desa terdekat dari rute pendakian secara umum, tentu saja lebih baik anda menggunakan rute ini.  Kordinat di sini.

Rekomendasi tempat wisata di sekitar Danau Toba yang terakhir dari kami adalah Gunung Sibuatan. Gunung ini sendiri adalah gunung tertinggi di Sumatera Utara.

Untuk sampai ke puncaknya, wisatawan mesti melewati tiga lembah dan tiga bukit sebelum mencapai puncak, sebagian besar adalah hutan lumut.

Perjalanan yang melelahkan, akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan alam sekitarnya yang begitu memikat. Gunung ini sendiri identik dengan hutan lumut, nantinya anda dapat melihat tanaman kantung semar, pandan Bali, dan berbagai jenis anggrek.

Terdapat 2 puncak gunung Sibuatan ini, ada puncak barat dan puncak timur sementara untuk titik tertingginya adalah puncak barat.

Nantinya ketika anda sampai di puncaknya, anda dapat melihat batu hitam (pilar) yang besarnya sekitar 1,5 meter bernama “Makumba”.

Dari puncaknya tersebut, anda dapat menyaksikan view negeri atas awan. Kalau anda melihat ke arah barat, anda bakal menyaksikan pegunungan Leuser yang tinggi menjulang, sementara untuk sisi timur anda dapat menyaksikan view Danau Toba dan Pulau Samosir untuk sisi utaranya terlihat view Gunung Sibayak, Gunung Barus, dan Gunung Sinabung. Dan untuk sisi Selatan anda akan disuguhkan dengan pantai barat Sumatera dan Samudera Hindia.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi tempat wisata di Danau Toba yang bisa anda jadikan tempat rekreasi bersama keluarga atau orang tercinta. Sebenarnya masih ada banyak lagi tempat rekreasi di sekitar Danau Toba yang tidak kalah menarik untuk disambangi.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya, supaya wisata danau Toba semakin populer dan terkenal lagi.

Kunjungi juga: 26 Tempat Wisata Di Toba Samosir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *