15 Tempat Wisata di Labuhanbatu Sumut Terbaik Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata di Labuhanbatu – Mengeksplor keindahan alam yang ada di Provinsi Sumatera Utara memang tidak ada habis – habisnya. Tidak hanya berpusat di Medan saja, namun tersebar di beberapa Kabupaten yang ada di dalamnya.

Kini kita akan melihat lebih jauh lagi objek wisata alam yang ada di Kabupaten Labuhanbatu yang terletak di kawasan strategis yakni berada di jalur lintas Timur Sumatera serta berada di persimpangan menuju ke Sumatera Barat dan Riau serta memiliki akses yang mudah untuk ke luar negeri karena berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Berbagai hal menarik yang ada di dalamnya membuat kota ini selalu ramai oleh pengunjung, bukan hanya yang datang dari dalam negeri saja, namun banyak pula masyarakat asing yang menghabiskan waktu di tempat ini.

kota yang pernah menjadi kawasan ber-perekonomian terbaik se-Indonesia pada tahun 2003 ini memiliki sederet pesona alam yang tersembunyi. Ada banyak sekali tempat wisata di Labuhanbatu yang wajib dijelajahi saat anda berlibur ke Sumatera Utara.

Tempat Wisata di Labuhanbatu yang Wajib Dikunjungi

Ada sederet tempat wisata di Labuhanbatu yang wajib dikunjungi karena memiliki panorama alam yang tidak biasa. keindahannya mampu menyihir siapa saja yang datang untuk tidak cepat – cepat pulang. penasaran dengan lokasinya, berikut sederet tempat wisata di Labuhanbatu, diantaranya:

1. Tugu Juang 45 Lobusona

Tugu Juang 45 Lobusona via Portal Wisata
Tugu Juang 45 Lobusona via Portal Wisata
  • Alamat: Ujung Bandar, Kec. Rantau Sel., Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara 21413
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Tempat wisata di Labuhanbatu yang pertama adalah wisata Tugu Juang 45 Lobusona yang merupakan icon labuhanbatu. Maka saat anda berada di pusat kota jangan lupa mampir ke tugu ini untuk sekedar foto selfie di depan tugu dengan berbagai gaya tentunya.

Berkat renovasi dan perbaikan yang dilakukan secara berkala membuat tugu semakin menarik oleh sekelompok pemuda kreatif sebab dulu pernah terbengkalai.

Tugu yang letaknya di Jalan Ujung Bandar, Rantau Utara, Rantau Prapat, Labuhanbatu, Sumatera Utara ini kini sudah menjelma menjadi tugu kebanggaan masyarakatnya yang juga menjadi situs bersejarah yang dipadukan dengan kearifan local serta keindahan alam yang memukau.

Maka tidak heran tugu ini selalu ramai oleh pelancong yang ingin merasakan liburan di sekitar tugu karena bukan hanya itu ada berbagai aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan, seperti berburu spot foto keren mulai   dari rumah pohon, vespa tua, payung terbang, serta taman bunga warna – warni yang ditata secara apik. 

2. Air Terjun Linggahara

Air Terjun Linggahara via IG @zo.suheri_khan
Air Terjun Linggahara via IG @zo.suheri_khan
  • Alamat: Jl. Linggahara, Lobusona, Kec. Rantau Sel., Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara 21417
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Tempat wisata di Labuhanbatu yang kedua adalah wisata alam Air Terjun Linggahara yang terletak di Kecamatan Ujung Bandar, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Untuk mencapai lokasi anda harus menempuh perjalanan sejauh 9 KM dari Rantau Prapat. Objek wisata ini cukup populer dan memiliki beberapa nama lain seperti air terjun Baru serta air terjun Kembar. Untuk masuk ke dalam kita hanya perlu membayar 8 ribu rupiah saja.

Dari lokasi parkir kita harus berjalan kaki selama beberapa menit dengan berjalan melintasi hutan yang dipenuhi dengan pepohonan rimbun.

Sesampainya di lokasi wisata kita akan langsung disambut oleh aliran air terjun yang indah mengalir dengan derasnya ke kolam yang ada di bawahnya yang cocok dijadikan tempat untuk mandi dan berendam. 

3. Bukit Hijau Permai

Bukit Hijau Permai via Lolo Karina Ciboro
Bukit Hijau Permai via Lolo Karina Ciboro
  • Alamat: Jl. Bukit Hijau Permai, Bakaran Batu, Kec. Rantau Sel., Kab. Labuhanbatu
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Bukit Hijau Permai bukanlah sebuah objek wisata perbukitan yang indah dan hijau seperti namanya, namun sebuah objek wisata buatan yang berupa kolam renang terbaik dan terbesar di kota Rantau Prapat dan terletak di perumahan elit di kota ini.

Dengan tiket masuk sebesar 15.000 kita bisa menikmati liburan di kolam renang yang memiliki dua kolam berukuran besar yang satu diperuntukkan untuk anak – anak dan satu lagi untuk orang dewasa.

Bukan hanya dimanjakan dengan kolam renang saja, namun dilengkapi pula dengan berbagai wahana permainan   air seperti perosotan khusus untuk anak – anak, serta tong air atau ember tumpah yang mengajak kita basah – basahan dari guyuran air.

Buat yang tidak membawa bekal makanan sendiri bisa mengunjungi food korner yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman ringan. 

4. Waterboom Aek Janji

Waterboom Aek Janji via Youtube
Waterboom Aek Janji via Youtube
  • Alamat: Jl. Desa Janji, Padang Matingi, Kec. Rantau Utara, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara 21411
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–17.30 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Masih berada di kawasan yang sama dengan wisata Bukit Indah Permai yakni di Kawasan Bakaran Baru, Kecamatan Rantau Prapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara terdapat salah satu objek wisata populer yakni wisata waterboom Aek Janji.

Objek wisata ini tentu sangat disukai anak – anak karena memiliki berbagai wahana permainan air yang siap memanjakan waktu liburmu bersama keluarga.

Terdapat kolam renang berbagai ukuran yang disediakan untuk anak – anak dan orang dewasa, kolam ombak yang siap membawamu berayun di dalam air, perosotan yang akan  membantu meluncur, ember tumpah, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

5. Pulau Sikantan

Pulau Sikantan via IG @candra.aritonang
Pulau Sikantan via IG @candra.aritonang
  • Alamat: Pulau Sikantan, Tj. Sarang Elang, Kec. Panai Hulu, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Objek wisata alam kota Labuhan batu selanjutnya yang akan kita kunjungi adalah wisata Pulau Sikantan yang merupakan pulau bersejarah.

Berbeda dari pulau lainnya yang berada di tengah laut, pulau ini justru memiliki keunikan yang tidak   dimiliki pulau lain, yakni berada di tengah sungai Bilah, Sei Merdeka yang di sekelilingnya dipenuhi dengan pemukiman penduduk serta perkebunan sawit.

Banyak yang penasaran dengan keunikan pulau ini. selain itu ada juga cerita legenda yang diwariskan secara turun temurun yang kisahnya mirip dengan kisah malin kundang yang tidak patuh pada orang tuanya.

Aktivitas yang bisa kita lakukan adalah memancing serta menikmati indahnya aliran sungai serta rumah penduduk yang cukup padat bisa menjadi objek foto yang menarik.

6. Sapadia Bombara Waterpark

Sapadia Bombara Waterpark
Sapadia Bombara Waterpark
  • Alamat: Jl. H. Adam Malik, Perdamean, Kec. Rantau Sel., Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara 21413
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Nomor Telepon: 081262290396
  • Peta Lokasi: Google Maps

Satu lai objek wisata buatan yang berkonsep wahana permainan air yang ada di kota Labuhanbatu, yakni wisata Sapadia Bombara Waterpark yang merupakan waterpark terbesar di Labuhanbatu.

Objek wisata ini bisa menjadi wisata alternative tengah kota buat yang enggan menjelah terlalu jauh namun tetap menginginkan keseruan liburan yang tidak biasa. objek wisata ini dibangun diatas lahan seluas 1,5 hektar.

Berbagai fasilitas di bangun demi memberi rasa nyaman setiap pengunjung yang datang. Beberapa diantaranya, ruang bilas, mushola, lahan parkir, serta restoran selain itu disediakan pula gazebo atau pondok untuk berteduh sembari beristirahat.

Selain itu tentu saja berbagai wahana permainan air yang disediakan sangat menarik seperti kolam arus, futsal air, boomerang slide, seluncuran, serta berbagai wahana menegangkan lainnya.

7. Air Terjun Sirao – Rao

Air Terjun Sirao – Rao
Air Terjun Sirao – Rao
  • Alamat: Lingga Tiga, Kec. Bilah Hulu, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara 21422
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Air terjun Sirao – rao bisa menjadi salah satu tempat wisata di Labuhanbatu yang tidak boleh dilewatkan yang berjarak 24 kilometer dari kota Rantau prapat.

Objek wisata ini cukup mudah dijangkau, aka tidak heran jika kawasannya selalu dipadati pengunjung, terutama pada hari libur banyak pelancong yang bertamasya di tempat ini.

Belum lagi pengelolaan yang dilakukan secara professional membuat tempatnya sangat menarik serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas tambahan.

Kesegaran air kolam pemandian alamnya kerap dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mandi, berendam atau sekedar merendam kaki sembari duduk di atas batu menikmati semilir angin serta alam sekitar yang menawan.

Aliran air terjunnya berasal dari sumber mata air alami kawasan perbukitan sehingga airnya sangat segar dan jernih.

8. Bumi Perkemahan Alam Bandar

Bumi Perkemahan Alam Bandar
Bumi Perkemahan Alam Bandar
  • Alamat: Afdeling I. Rantau Prapat, Kec. Bilah Bar., Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00–17.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Tempat wisata di Labuhanbatu selanjutnya adalah wisata Bumi Perkemahan Alam Bandar Kumbul berada di desa yang masih sangat terasa kealamiannya.

Kondisi alam  di sekitar yang hijau dipenuhi dengan pepohonan rimbun yang dijadikan tempat untuk berteduh, serta rerumputan yang dijadikan untuk alas membuat lapangan ini seperti lapangan golf yang eksklusif. Tempat ini memang menjadi tempat camping paling asik yang nyaman dan jauh dari keramaian.

Berbagai kegiatan alam kerap kali dilakukan di tempat ini, serta menjadi pusat beragam kegiatan dari berbagai komunitas, mulai dari para pecinta alam hingga organisasi pramuka.

9. Pantai Kahona

pantai-kahona-labuhanbatu
Pantai Kahona Labuhanbatu
  • Alamat: Desa Sei Tawar, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Kini kita akan melanjutkan perjalanan wisata kita di kota Labuhanbatu, Sumatera Utara menuju ke salah satu objek wisata andalan kota ini yakni wisata Pantai Kahona.

Suasana pesisir pantai yang khas membuat kita semakin tertarik dan ingin mengenal lebih jauh. Meski kawasannya cukup tersembunyi dan terisolir karena akses menuju pantai cukup sulit, namun banyak wisatawan yang ingin menikmati suasana eksotis di pantai ini.

suasananya  yang nyaman dan tenang membuat kita berasa di island private. Spot – spot foto keren bisa kita temukan dengan mudah, karena setiap sudutnya menyuguhkan keindahan alam yang tidak biasa.

Salah satu yang perlu diperhatikan oleh dinas pariwisata setempat adalah pembenahan infrastruktur yang memadai sehingga pantai ini menjadi semakin ramai dikunjungi.

10. Luppatan Tali – Tali

Luppatan Tali – Tali
Luppatan Tali – Tali
  • Alamat: Marsonja, Kec. Sungai Kanan, Kab. Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara 21465
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Objek wisata selanjutnya yang akan kita kunjungi berada di kawasan Sungai kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara. Masyarakat sekitarnya biasanya menyebutnya sebagai wisata Luppatan Tali – Tali.

Objek wisata ini merupakan sungai yang mengalir indah dengan bebatuan berukuran besar di sekitarnya yang cocok dijadikan tempat untuk duduk santai atau menjadi tempat pengambilan foto selfie.

Sungai ini juga dikelilingi oleh kawasan hijau yang sejuk sekali. Pepohonan berukuran besar memberi kita tempat untuk berteduh dari terik matahari yang cukup menyengat di siang hari. 

11. Air Terjun Lama Rantau Prapat

Air Terjun Lama Rantau Prapat via Google
Air Terjun Lama Rantau Prapat via Google
  • Alamat: Rantau Selatan, Rantau Prapat, kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Tempat wisata di Labuhanbatu yang juga tidak boleh kita lewatkan saat berlibur di kawasan ini adalah wisata Air Terjun Lama Rantau Prapat.

Sesuai dengan namanya air terjun di berada di kawasan Rantau Prapat yang tidak begitu jauh dari wisata Tugu Juang 45.

Objek wisata ala mini sangat menarik untuk dikunjungi terutama buat para pecinta alam yang menyukai petualangan yang menantang, sebab untuk sampai di lokasi membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Setelah melalui rute yang cukup sulit maka kita akan sampai pada sebuah kolam berukuran besar yang dialiri air dari ketinggian yang terus menerus bak shower alam yang menyegarkan dengan pemandangan alam hijau yang tidak biasa siap menemani waktu libur kita.

12. Tugu Simpang Empat

Tugu Simpang Empat via IG @aji_vwp
Tugu Simpang Empat via IG @aji_vwp
  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Rantauprapat, Kec. Rantau Utara, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara 21411
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Tugu Simpang Empat kota Rantau Utara berada di kawasan yang ramai oleh lalu lalang kendaraan roda empat dan roda dua karena memang sesuai dengan namanya tugu ini berada di simpang empat.

Tugu bukan hanya kerap kali dijadikan sebagai latar belakang untuk foto selfie, namun juga menjadi kebanggan masyarakat sekitarnya. Namun kamu harus ekstra hati – hati, tetap jaga keamanan diri dengan menghindari kendaraan yang ada.

Bukan hanya sebuah tugu namun diletakkan pula  taman kecil di sebelahnya membuat tugu ini semakin ramai   dikunjungi, terutama pada sore hari banyak pengunjung yang duduk santai menikmati suasana senja dan malam kota Rantau Utara. 

13. Wisata Alam Aek Buru

Wisata Alam Aek Buru Foto Olej Penjelajah Bersorban
Wisata Alam Aek Buru Foto Olej Penjelajah Bersorban
  • Alamat: Jl. Aek Buru Batu Tunggal, Batu Tunggal, Kec. Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara 21411
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00–18.00 WIB
  • Peta Lokasi: Google Maps

Tempat wisata di labuhanbatu selanjutnya adalah wisata Alam Aek Buru yang berlokasi di kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

Objek wisata alam ini sangat populer, terutama di kalangan anak muda yang menyukai tantangan dan petualangan.

Sesuai dengan namanya objek wisata ini menyuguhkan sungai yang cocok untuk tempat bermain air yang dikelilingi oleh kawasan hijau yang sejuk sekali.

Pepohonan rimbun dan semak belukar membuat tempat ini terlihat begitu alami. ada berbagai spot foto alam yang yang siap menemanimu berburu gambar yang kekinian. 

14. Puncak Hoza

Puncak Hoza via IG@om_dhanii
Puncak Hoza via IG @om_dhanii
  • Alamat: Simonis, Kec. Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara 21455
  • Jam Operasional: Setiap Hari, Buka 24 jam
  • Peta Lokasi: Google Maps

Di kawasan Aek Natas, kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara terdapat salah satu objek wisata alam  yang cukup populer yakni wisata Puncak Hoza.

Untuk mencapai puncak kita perlu berjalan mendaki selama beberapa jam dengan berjalan kaki melintasi hutan dan perkebunan milik warga.

 Setibanya di puncak Bukit Hoza kita akan disambut oleh pemandangan alam hijau yang menyejukkan dan sangat  mempesona.

Hamparan pepohonan yang sangat hijau menutupi hampir   seluruh kawasan membuatnya terlihat seperti permadani alam yang membuat kita betah berlama – lama di tempat ini. 

15. Tugu Simpang Enam

Tugu Simpang Enam
Tugu Simpang Enam
  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Rantauprapat, Kec. Rantau Utara, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara 21411
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 24 Jam
  • Peta Lokasi: Google Maps

Satu lagi objek wisata alam kota Labuhanbatu yang tidak boleh kita lewatkan. Berada di persimpangan enam membuatnya disebut sebagai Tugu Simpang Enam.

Berbagai ornament di  sekitar tugu memang sengaja dibangun untuk mendukung dan mempercantik tugu sebagai tampak muka dan kebanggan masyarakat  sekitar.

Tugu ini berada di persimpangan enam membuatnya cukup berbahaya, jadi saat anda menghabiskan waktu di tempat ini selalu memperhatikan keselamatan sebab banyak motor dan mobil yang lalu lalang.

***

Demikianlah   artikel mengenai tempat wisata di Labuhanbatu yang wajib dikunjungi. berbagai tempat yang direkomendasikan memang memiliki banyak kelebihan dan keunggulan. Selamat berkunjung dan berlibur.

Kunjungi juga: Tempat Wisata Di Asahan Sumatera Utara 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *